Blog

Tips Strategi Marketing

 Strategi Marketing

Para pelaku bisnis percaya bahwa strategi pemasaraan yang produktif adalah kombinasi antara pemasaran online dan cetak yang dapat membuat para pelanggan tertarik menggunakan produk atau jasa bisnis mereka. Era yang telah berubah memang banyak merubah perilaku konsumen, namun bukan berarti anda hanya menggantungkan pada digital saja, karena terdapat beberapa hal yang tidak bisa anda rubah menjadi digital.

Contohnya, para agensi studi luar negeri akan menggunakan brosur, flyer, poster atau mencetak merchandise lainnya agar para calon siswa merasa lebih spesial dengan menerima sesuatu yang berwujud. Tentunya anda tidak mungkin hanya memberikan poster digital bukan? Hal itu dapat membuat para calon pelanggan anda lupa dan tidak melihat bisnis anda sebagai sesuatu yang terpercaya. Maka dari itu, bagaimanapun anda bermain strategi pada pemasaran online anda, kombinasikan juga dengan media promosi cetak anda.

Dunia percetakan tentu saja juga harus menyesuaikan dengan perkembangan teknologi saat ini. Era digital saat ini menuntut anda untuk cepat dalam membaca pasar dan juga para kompetitor anda. Karena pada dasarnya strategi pemasaran online yang dilakukan anda juga dapat dilakukan oleh para pebisnis lain.

Anda dapat mengkombinasikan teknologi yang sedang tren saat ini seperti mengirimkan katalog produk anda kepada para pelanggan dengan menggunakan AR (augmented reality) atau QR Code. Hal tersebut akan menjadi sesuatu yang berbeda dan menarik dibandingkan anda hanya mengirimkan email kepada para pelanggan. Mengirimkan kupon hadiah secara fisik juga akan terasa lebih bernilai dibandingkan memberikan voucher digital.

Banyak cara untuk melakukan promosi, salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media promosi cetak. Walaupun era teknologi informasi mengarahkan khalayak pada penggunaan media internet, namun media promosi cetak masih tetap bertahan. Alasannya, media cetak mempunyai kelebihan yang tak dimiliki oleh media internet. Misalnya, media promosi cetak lebih mudah diakses dibandingkan dengan media internet.

Bentuk media promosi cetak sangatlah beragam. Setiap media promosi cetak mempunyai kelebihan dan kekurangan, sehingga pemasar perlu mengkombinasikan antara media satu dengan media yang lainnya. Variasi penggunaan media promosi dapat memaksimalkan penyampaian pesan-pesan merek kepada khalayak sasaran.

Berikut ini adalah jenis-jenis media promosi cetak yang dapat menjadi pilihan sobat dalam memasarkan produk. Media promosi cetak apakah yang paling tepat tentunya harus dipertimbangkan masak-masak agar budget atau anggaran pemasaran tidak terbuang percuma. Beberapa pertimbangan pemilihan media promosi cetak di antaranya yaitu jumlah anggaran, karakteristik produk, dan khalayak sasaran yang ingin dituju.

Macam-macam media cetak untuk promosi yaitu :

1. BROSUR

2. SPANDUK

3. BANNER

4. POSTER